Bekerja merupakan cara seorang manusia untuk dapat bertahan hidup, melalui bekerja seseorang akan mendapatkan penghasilan. Namun selain sebagai mata pencaharian, bekerja juga dapat meningkatkan kualitas dan tujuan hidup.
Kendati demikian, banyak juga yang mengalami stres karena kerjaan. Jika terus berlanjut, stres dapat berdampak buruk bagi kesehatan karyawan.
Melansir kementerian kesehatan, data WHO menginformasikan setiap tahunnya sekitar 12 triliun hari kerja terbuang, diakibatkan oleh depresi dan kecemasan yang berdampak pada tingkat produktivitas pekerja menurun.
Guna mengurangi tingkat stres yang diakibatkan oleh pekerjaan, berikut tips untuk mengatasinya:
1. Kenali penyebabnya
Langkah pertama untuk mengatasi stres karena kerjaan adalah dengan mengidentifikasi apa yang membuat stres. Apakah karena jam kerja yang terlalu penuh, pekerjaan yang terlalu berat atau tekanan karena atasan.
Setelah melakukan identifikasi, langkah selanjutnya mencari solusi sesuai dengan permasalahan yang dialami.
2. Atur prioritas
Stres juga dapat terjadi ketika seorang pekerja belum mampu mengatur waktu dengan baik, sehingga jam kerja tidak produktif. Aturlah jam kerja sebaik mungkin, gunakan waktu istirahat dengan baik, sehingga ketika waktu kerja, kondisi tubuh sudah siap.
Tetapkan batasan pada kerjaan, jangan terus menghabiskan waktu untuk berkerja, gunakanlah sebagian waktu untuk istirahat.
3. Ceritakan masalah dengan orang yang dipercaya
Dunia kerja memang terlihat berat, untuk itu penting adanya peran seseorang yang bisa dipercaya untuk berbagi perasaan yang dialami. Saat terjadi permasalah yang membuatmu tak lagi mampu menyelesaikannya, maka ceritakan kepada orang terdekat.
Jangan ragu untuk menghubungi bantuan profesional seperti konselor atau psikolog yang tepat guna menghindari tingkat stres yang lebih parah.
4. Bangun hubungan positif di lingkungan kerja
Lingkungan kerja yang baik dapat membantu pekerja untuk bersemangat. Menciptakan lingkungan kerja yang baik bisa dengan membangun hubungan positif di tempat kerja, seperti kepada atasan dan rekan.
5. Meditasi
Kadang sesekali perlu melakukan meditasi untuk memberikan efek positif pada tubuh, misalnya dengan yoga. Hal ini untuk memberikan ketenangan dan mengurangi rasa cemas pada tekanan pekerjaan.
Baca juga: 8 Tips Nyaman di Tempat Kerja, Buat Pekerjaanmu Maksimal